[FAQ] Melbourne Shuffle Basic Q&A

Credits to : http://shufflin.net/forum/topic/25-read-here-faq-about-shuffling-all-answers-found-here-read-here/ 

Basic Q&A :

Q: Dimana saya dapat belajar melbourne shuffle?
A: Youtube Tutorial! Ada banyak tutorial bagus yang dapat kamu temukan secara online. Seri yang paling populer adalah dari tutorial BigMilan, dan ada tutorial dari Fijea untuk penjelasan dalam bahasa indonesia.

Dari shufflers lain! Jika kamu tahu ada shufflers di daerahmu yang bersedia untuk mengajarimu dan secara berkala memeriksa perkembanganmu, mintalah mereka untuk membantumu mulai dari gerakan dasar! Pastikan bahwa mereka tau apa yang mereka lakukan dan mereka tidak salah mengajarimu.


Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar melbourne shuffle?
A: Ini bervariasi untuk semua orang, biasanya dibutuhkan beberapa bulan untuk mempelajari gerakan dasar, dan beberapa bulan lagi untuk mengembangkan gaya kamu sendiri. Shuffle bukanlah sesuatu yang bisa kamu pelajari setengah hati, jadi bersiaplah untuk mendedikasikan waktumu untuk itu. Ini adalah proses yang membutuhkan kesabaran!


Q: Apa saja gerakan dasar-dasar melbourne shuffle?
A: Gerakan dasarnya adalah Shuffle (juga dikenal dengan sebutanT-Step) dan Running Man, kedua gerakan tersebut adalah langkah mendasar yang terintegrasi didalam melbourne shuffle.
Kamu harus belajar gerakan tersebut lebih dahulu sebelum mempelajari gerakan yang lebih advanced, seperti dan namun tidak terbatas: Spin, kick, slide, glide dan gerakan-gerakan tangan


Q: Apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu, Running Man atau Shuffle/T-Step?
A: Bebas, tidak ada acuan untuk mempelajari gerakan yang mana terlebih dahulu. Hanya pastikan bahwa kamu mendedikasikan waktu yang cukup di keduanya agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Q: Saya benar-benar ingin menampilkan melbourne shuffle ke semua teman-teman saya karena melbourne shuffle begitu keren! Apakah itu akan baik-baik saja?
A: Bebas. Tentu saja, kamu dapat menampilkannya ke teman-teman kamu dan kamu dapat mencoba untuk membuat mereka tertarik pada shuffle, akan tetapi sadarilah: Tidak semua orang yang belajar akan se-dedikasi seperti kamu. Hindari mencoba memaksa mereka untuk belajar shuffle atau memperikutkan mereka kedalam kru/squad/komunitas kamu.


Q: Saya melihat semua kru di video kompilasi dan mereka keren banget! Saya juga ingin membuat kru saya sendiri juga! Apakah itu baik?
A: Bebas, melbourne shuffle ada sehingga kamu dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan dari tarian tersebut. Namun, tidak sedikit kru yang sering mendukung hal-hal seperti "Battle" dan "Kompetisi". Tidak ada yang salah dengan itu, asalkan mereka masih mendapatkan rasa hormat yang dirasa layak, dan tidak untuk menunjukkan kru siapakah yang lebih jago/hebat/senior. Prilaku elitis seperti itu tidak akan dihargai.

Kemungkinan alasan untuk membuat kru: Kami memiliki contoh anggota yang berada dalam suatu "crew", dan telah menggunakannya untuk menyebar-luaskan pengetahuan tentang Melbourne Shuffle dan menciptakan sesuatu yang tidak terlupakan dari pengalaman mengikat yang tidak terlupakan. SDF Xero adalah satu contoh dari crew tersebut. Ia telah mengajak teman-temannya dan kru untuk menyediakan sebuah front persatuan shuffler seluruh Singapura, dan telah berhasil memanfaatkan koneksinya untuk menjadi tuan rumah suatu event pertemuan dan meet up persahabatan dengan ratusan shuffler untuk bersenang-senang bersama. Keuntungan dari label kru di sini adalah sangat membantu dalam menyatukan shufflers di daerah ketika ia harus berhubungan dengan banyak orang.

Practice Q&A:

Q: Dipermukaan apa saya harus belajar shuffle?
A: Apapun dan dimanapun yang kamu inginkan! Tentu, shuffling di atas lantai kayu dengan menggunakan kaus kaki adalah yang termudah, namun apakah itu benar-benar membantu? kamu akan merasa seperti dapat melakukannya lebih cepat, tapi itu pasti itu bukanlah yang terbaik untuk berlatih. Sliding bukanlah hal yang baik diawal kamu mulai belajar shuffle. Kamu harus dapat merasakan dua step yang terpisah dari Running Man terlebih dahulu, dan shuffling di atas karpet atau sejenisnya akan lebih membantu. Namun dalam jangka panjang, kamu harus mampu untuk shuffle di permukaan apapun. Pastikan bahwa kamu juga dapat shuffle pada permukaan yang kasar seperti beton, aspal, conblock, semen, dll dengan memakai sepatu.


Q: Berapa lama saya harus berlatih di setiap harinya?
A: Sebebas apapun yang kamu inginkan! Itu adalah masalah preferensi pribadi, bukan perlombaan. Hanya pastikan waktu yang kamu luangkan itu sudah cukup, karena jika otot-otot kakimu sudah terbiasa semuanya akan menjadi jauh lebih mudah.


Q: Saya lelah begitu cepat. Apakah ini gejala normal?
A: Ya. Melbourne Shuffle adalah tarian fisik yang menuntut untuk melibatkan seluruh anggota tubuh kamu, dan itu adalah pola latihan yang baik. Itu berarti menunjukkan bahwa kamu akan memerlukan banyak stamina untuk jangka waktu yang lama. Cara termudah untuk meningkatkan stamina kamu adalah dengan melakukan latihan kardiovaskular, seperti jogging/berjalan.


Q: Musik apa yang harus saya gunakan untuk berlatih?
A: Pada awalnya, tidak ada. Jangan tergesa-gesa! Berlatih musik hanya akan membuat mu tergesa-gesa, yang berakibatkan kurang indahnya gerakan-gerakan dasar mu. Namun saya menyarankan untuk berlatih menggunakan genre musik Electronic Dance Music (EDM)

Tips: Pinjamlah alat metronom dari seorang teman musisi atau men-download file mentronom yang telah banyak disediakan di internet! Kamu dapat bebas mengatur seberapa cepat irama/beat yang kamu inginkan. SANGAT MEMBANTU.

Setelah kamu bisa melakukan gerakan dasar dengan benar dan dapat melakukannya dengan lancar, kemudian mulailah berlatih musik yang lebih pelan (mulai dari 120bpm keatas, BPM/Beat Per Minute). Contoh genre sebagai berikut:

Dance
Club
House
Electro
Trance
Techno
Hard Trance
Hard Techno


Q: Nah, bagaimana dengan Hardstyle?
A: Sekali lagi, jangan tergesa-gesa. Lakukanlah secara bertahap.
Ingat bahwa hardstyle umumnya berada pada sekitar 150bpm dan terlalu cepat untuk pemula.


Q: Apakah latihan shuffle didepan cermin/kamera video akan membantu?
A: YA! Shuffling didepan objek tersebut dapat menunjukkan keselarasan gerakan dasarmu. Kamu akan dapat melihat beberapa hal, seperti heel-flicking, one-stepping, dan step-step lain yang kurang berkenan. Pertanyaan kamu biasanya dapat terjawabkan secara mudah dengan menonton dirimu sendiri di video (ex: apakah Running Man ku sudah benar?). Gunakanlah kamera video untuk berlatih sesering mungkin, pastikan kamu dapat melihat seluruh tubuhmu, dan kualitas video yang cukup baik agar terlihat dengan jelas.


Q: Sepatu apa yang harus saya kenakan untuk shuffling?
A: Meskipun kamu dapat shuffling dengan segala macam sepatu, kamu akan membutuhkan sepasang sepatu yang memiliki tingkat grip yang rendah, sol datar, dukungan pergelangan kaki yang baik, dan nyaman. Semakin banyak grip sepatu kamu, semakin sulit bagi kamu untuk menggesek diluar ruangan. Namun, jika kamu sering berlatih pada permukaan yang lebih kasar di luar, sol sepatu kamu akan menjadi mulus lebih cepat. Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang tahan lama dan memungkinkan kamu agar bisa menari selama berjam-jam, kamu tidak akan menginginkan sepatu yang cepat terkikis setelah berlatih hanya dalam sesaat!


Q: Haruskah saya memasang selotip di bagian bawah sepatu saya?
A: Sangat tidak dianjurkan, ini tidak akan membantu dan hanya membuatmu berantakan. Dari pengalaman pribadi, itu tidak bekerja dan akan terlepas dengan mudah. Malah akan membuat permukaan bawah sepatumu menjadi lengket setelah selotip tersebut terlepas. Dan lagi kamu tidak akan selalu memasangnya disetiap saat, berlatihlah tanpa menggunakan benda tersebut.


Q: Haruskah saya melihat kaki saya ketika shuffling?
A: Tidak, ini terlihat buruk dan merupakan kebiasaan buruk. Bila kamu selalu melihat ke bawah sambil shuffling, itu tidak akan terlihat baik sama sekali, dan itu benar-benar membuat keseimbanganmu kurang stabil. Tak seorang pun ingin melihatmu menonton kaki kamu sendiri. Hindarilah sebisa mungkin.


Q: Saya mengalami cidera (pergelangan kaki/paha/lutut) saat berlatih. Haruskah saya berhenti?
A: Ya. Jika kamu memutarkan sesuatu atau membentangkan otot, kamu pastinya tidak ingin terus terus berlatih dan membuat keadaan lebih buruk. Berhenti, dan biarkan dirimu istirahat untuk beberapa hari. Lebih baik aman daripada menyesal!


Q: Haruskah saya menonton banyak video shuffling?
A: Ya, itu akan cukup membantu dalam proses pembelajaran. Tapi JANGAN hanya meniru apa yang mereka lakukan dalam video mereka. Sebenarnya, itu adalah hal yang baik untuk menambah wawasan seputar shuffe, namun jangan mencoba untuk meniru gaya mereka. Shuffling dengan gerakan inovasi dan gaya kamu sendiri akan lebih bermanfaat, shuffler berpengalaman seringkali terlihat melakukan glide berlebihan dari semestinya, atau mereka terlihat seperti 1 step (walaupun sebenarnya mereka tidak 1 step). Jangan coba lakukan itu, karena hanya akan membuatmu terlihat bodoh. Terkadang ini benar-benar hanya faktor rendahnya kualitas video yang mengaburkan fakta bahwa mereka melakukan 2 step.


Q: Saya merasa ingin menyerah, ini sangat berat. Apa yang harus saya lakukan?
A: Tidak ada yang datang secara mudah. Jika kamu menganggapnya terlalu serius, kamu tidak akan dapat menikmatinya (menari dengan musik). Jelas itu penting untuk mengetahui apa yang kamu lakukan, tapi jangan berpikir bahwa kamu harus menjadi pro shuffler terlebih dahulu untuk bersenang-senang.


Q: Gerakan saya terasa begitu aneh dan tidak wajar. Apakah ini normal?
A: Ya. Semua orang akan merasakan hal yang sama pada awalnya. Namun, semakin sering kamu berlatih, semakin mudah pula menguasainya, karena otak kita akan mengembangkan memori otot sehingga kita bahkan tidak harus berpikir tentang gerakan lagi. Jika kamu merasa tidak melakukan gerakan tersebut dengan benar, lihatlah dirimu di cermin atau memposting video untuk bantuan. Ingatlah, pada awalnya akan terasa aneh, namun perlahan kamu akan mulai terbiasa untuk itu.


Q: Saya melihat semua orang dapat shuffling sangat cepat di youtube, bagaimana agar saya bisa secepat itu?
A: Latihan, latihan, latihan. Sesering mungkin kamu berlatih, akan lebih cepat memudahkanmu untuk menguasainya. Ingat bahwa gerakan shuffle cenderung melatih banyak otot yang banyak tidak digunakan dalam dalam aktivitas sehari-hari. Ketika berlatih, mulai lah perlahan tanpa musik lalu diiringi dengan musik. Jika kamu mengalami kesulitan dalam hal menjaga tempo, cobalah menggunakan metronom dan mulailah perlahan

Note: Latihan yang benar adalah latihan yang efektif, konsisten dan fokus
Quote from Deddy Corbuzier - "Practice doesn't makes perfect, perfect practice DO makes perfect"

Indonesian Translated by HardblitZ
Source : http://forum.indorockers.com/t906-shuffle-faq-in-indonesian-language

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Banyuwangi Ravers / Thanks to : templater